Cara Kerja Dishwasher Dapur Restoran Yang Super Sibuk

Dishwasher atau dish washing machine restoran pasti memiliki waktu kerja yang lebih lama dibanding dengan penggunaan di dapur rumah. Dapur restoran terkenal dengan kesibukan dan menghasilkan banyak piring kotor untuk dicuci. Setelah dicuci, piring-piring yang telah bersih akan digunakan kembali untuk para pengunjung dan akan memasuki dapur kembali untuk dicuci. Piring-piring restoran akan mengalami siklus itu sampai restoran tutup. Jadi, tidak heran jika restoran menjadi penghasil piring kotor yang sangat banyak.

Piring-piring tersebut dibutuhkan dalam keadaan bersih dengan waktu yang sangat cepat. Untuk itulah dibutuhkan alat atau mesin yang mampu meringankan para pekerja di restoran. Salah satunya dengan menggunakan mesin pencuci piring. Mesin tersebut mampu membersihkan banyak piring kotor dalam waktu yang cepat. Pemakaiannya sangat praktis yang membuat banyak restoran mulai beralih menggunakan mesin ini. Lalu, bagaimana cara kerja dari mesin tersebut?

Letakkan Piring Kotor Ke Dalam Mesin

Tahap pertama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan mesin pencuci piring adalah memasukkan piring-piring kotor ke dalam mesin. Anda bisa memasukkan banyak piring ke dalamnya dengan menyesuaikan ukuran mesin pencuci piring yang Anda punya. Setelah piring sudah Anda masukkan ke dalam, Anda sudah bisa mulai mengalirkan air dingin dari kran melalui saluran air ke dalam mesin pencuci piring.

Proses Mengalirnya Air Ke Dalam Mesin

Air yang telah masuk ke dalam mesin akan ditampung di bawah mesin pencuci piring sesuai dengan ukuran tempat penampungan air. Air tersebut akan diproses oleh elemen pemanas yang bekerja untuk memanaskan air tampungan. Mesin pompa selanjutnya akan memompa air untuk masuk ke dalam lubang propeler. Propeler ini nantinya akan menyemprotkan air tampungan ke piring-piring kotor yang ada di dalam mesin. Cara kerjanya hampir sama seperti mesin penyiram tanaman di taman.

Pembersihan Di Dalam Mesin

Lubang propeler terbuat dari logam yang tahan terhadap panas. Air panas hasil dari elemen panas mesin akan dipompa ke dalam lubang propeler yang tahan akan panas sehingga tidak menyebabkan lubang propeler rusak ketika dialiri air. Air di dalam propeler akan berputar seperti alat penyiram tanaman dan menyemprotkan air melalui lubang kecil di mesin. Semprotan air panas tersebut menghantam barang-barang di dalam mesin dan pada akhirnya air akan jatuh kembali ke bawah mesin penampung air. Hal tersebut akan terus berulang kembali hingga proses pembersihan selesai.

Proses pembersihan selesai ditentukan oleh timer yang sudah Anda pasangkan sebelumnya. Cara penggunaannya hampir sama prinsipnya seperti mesin cuci baju. Setelah pembersihan selesai maka, kotoran-kotoran berukuran kecil akan dibuang melalui lubang pembuangan dan kotoran berukuran besar bisa Anda buang sendiri yang tertampung di bawah dishwasher.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>