Jual Solar Panel Indonesia: Ragam Jenis Panel Surya

Jual Solar Panel Indonesia: Ragam Jenis Panel Surya

Jual solar panel Indonesia dalam berbagai jenis sesuai kebutuhan. Panel surya dapat dikategorikan menurut bahan penyusun sel suryanya. Sesuai dengan yang umum dipergunakan di Indonesia, berikut beberapa informasinya.

Ragam Jenis Solar Panel

Beberapa jenis panel surya Indonesia yang saat ini berada di pasaran antara lain:

  1. Crystalline Silicon (c-Si)

Crystalline Silicon merupakan panel surya generasi pertama dengan sel surya yang tersusun dari silikon. C-Si terdiri atas tiga panel utama, yaitu:

  1. Silikon monokristal

Memiliki warna sel yang hitam dan gelap serta terponong pada setiap sudutnya. Memiliki efisiensi yang paling tinggi karena tersusun dari jenis crystalline tunggal. Efisiensi terbesarnya hingga 15%, tetapi panel surya dengan jenis ini tidak dapat berfungsi dengan baik ketika tidak ada sinar matahari.

  1. Silikon multikristal

Tersusun dari kombinasi polisilikon dan silikon multikristal. Memiliki bentuk persegi dengan warna kebiruan. Dapat bekerja dengan baik meski cuaca mendung

  1. Silikon ribbon

Mempergunakan sel surya jenis polikristalin yang tersusun acak dan sering disebut dengan string ribbon solar panel. Jenis ini kalah populer dibandingkan kedua jenis kristalin yang lain.

  1. Thin film PV

Merupakan panel surya indonesia generasi kedua dengan banyak lapisan material penyusun. Cenderung lebih tebal dan diukur dengan satuan nanometer dan micrometer. Penel surya generasi kedua ini memiliki rata – rata efisiensi daya listrik antara 6% hingga 12%. Contohnya adalah:

  1. Amorphous silicon

Terdiri dari beberapa tipe: amorphous silicon cell; tandem cell; dan polycrystalline silicon.

  1. Compound Gallium (GaAs)

Lebih sering digunakan dalam industri karena harganya yang mahal. GaAs merupakan solar panel yang berat sekaligus rapuh. Tetapi memiliki efisiensi yang sangat baik sehingga sering dipergunakan dalam proyek luar angkasa.

  1. Panel Surya Kombinasi

Panel surya yang terakhir merupakan panel surya generasi ketiga yang tersusun dari beragam material dan sedang berada dalam tahap penelitian. Contohnya adalah panel surya dengan sel surya dari bahan organik berikut:

Alang – alang sebagai polimer alternatif untuk amorphous silicon. Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Brawijaya dengan melihat potensi alang – alang sebagai polifuran untuk mengubah photon menjadi energi listrik.
Klorofil daun singkong sebagai sel surya. Diteliti oleh Institute Pertanian Bogor Indonesia dengan melihat fungsi kloroplas dalam mengubah cahaya menjadi energi. Penelitian ini merujuk pada penelitian daun bayam sebagai sel surya oleh MIT, Amerika Serikat.
Ekstraksi daun sepatu, bunga delima, dan kunyit untuk penyerapan cahaya dan pembangkit arus listrik yang diteliti dan dikembangkan oleh UNS.

 

Panel surya generasi ketiga, memang belum banyak dipasarkan. Sehingga pilihan jenis yang paling umum di jual solar panel Indonesia adalah panel surya generasi pertama dan kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>